Melaporkan Penipuan Jual Beli Online

Melaporkan Penipuan Online - Tidak sedikit masyarakat yang telah tertipu melalui transaksi online. Rata-rata korban penipuan adalah para pengguna internet yang masih awam tentang dunia online. Maraknya penipuan online akhir-akhir ini cukup meresahkan warganet yang ingin berbelanja melalui internet.

Diantara kasus penipuan oline juga pernah menimpa salah satu teman saya. Si penipu mengaku jualan karpet dan furniture. Harga yang ditawarkan memang lebih murah dibanding harga ditempat umum. Namun teman saya tidak begitu tertarik karena memang sedang tidak membutuhkan barang-barang tersebut.

Tidak tahu kenapa pada hari-hari berikutnya, karena memang teman saya menyimpan nomer si penipu ini. Dia mendapatkan Broadcast (BC) penawaran karpet dengan harga yang sangat menggiurkan. Alih-alih promo beli 2 dapat satu, akhirnya teman saya pun transfer uang ke atm sipenipu ini.

Selang beberapa hari dan bahkan hampir satu minggu, barang yang dimaksud tak kunjung dikirim. Karena geram, akhirnya teman saya telpon si penipu ini. Bukanya barang dikirim, sipenipu malah menyuruh teman saya untuk ke atm dengan dalih pembayaran ongkir yang terhambat sehingga butuh biaya tambahan.

Akhinya teman sayapun ragu dan menceritakan kepada saya. Alhamdulillah setelah saya nasehati, teman saya baru sadar kalau dia sudah tertipu. Sipenipun saya ancam kalau tidak transfer balik akan dilaporkan kepolisi. Seketika itu kontak teman saya langsung di block !!!


Bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online ?

Melaporkan penipuan online memang tidak mudah karena orang yang Anda laporkan tidak jelasa identitas dan keberadaanya. Bisa juga alamat dan nama yang mereka gunakan adalah palsu semua. 

Namun jika Anda kekeh ingin menjebloskan sipenipu ini kepenjara, itu bukanlah hal yang mustahil. Langkah-langkah melaporkan penipuan online. 

1. Datang Ke Kantor Polisi Terdekat

Ceritakan kronologi penipuan yang telah Anda alami. Siapkan kontak, bukti transfer dan chat selama Anda komunikasi dengan penipu. Mintalah surat keterangan dari kepolisian bahwa Anda telah tertipu online.

2. Datang Ke Bank 

Datanglah ke Bank terdekat sesuai dengan bank yang digunakan oleh penipu untuk menerima transferan. Kemudian silahkan antri di bagian Customer Service dengan membawa surat keterangan dari kepolisian. Ceritakan kronologi penipuan yang terjadi kepada CS bank dan perlihatkan semua bukti-bukti sesuai pin nomor 1.

Jika pihak Bank mengabulkan laporan Anda. Maka rekening bank milik si penipu akan di blokir oleh pihak bank tersebut.

3. Hubungi Si Penipu

Setelah rekening bank terblokir, silahkan hubungi kontak sipenipu jika masih ada. Namun jika Anda telah terblokir si penipu, silahkan hubungi menggunakan kontak lainya. Bilang kepada si penipu bahwa rekenignya telah terblokir dan jika tidak mengembalikan uang Anda maka akan segera dibawa ke meja hijau.

4. Lanjut Ke JALUR HUKUM

Proses ini cukup rumit namun jika nominal uang Anda cukup besar, sebaiknya Anda membawanya ke meja hukum. Syukur-syukur si penipu mau mengembalikan uang Anda. Jikapun uang Anda tidak kembali, setidaknya tidak ada korban lagi setelah Anda.

Tips Agar Terhindar Penipuan Online

Agar tidak tertipu lagi berikut beberapa tips sebelum Anda melakukan transaksi belanja online.

1. Toko Online yang Bisa COD (Bayar Ditempat)

Saat ini sudah banyak toko online yang menawarkan belanja aman dan nyaman. Ada juga beberapa situs online yang menawarkan COD bayar ditempat. Jadi Anda tidak perlu takut untuk tertipu lagi karena pembayan bisa dilakukan langsung ketika barang sudah sampai.

2. Gunakan Jasa Rekber (Rekening Bersama)

Di facebook sendiri saat ini cukup banyak jasa rekber yang cukup populer dan memiliki reputasi yang baik. Anda dapat memanfaatkan jasa rekber ini agar terhindar dari penipuan.

3. Jangan Tergiur Barang Murah

Serangan fajar para penipu online biasanya dengan menawarkan barang yang memiliki harga super murah. Jika Anda mendapatkan harga barang yang super murah, jangan buru-buru terlebih dahulu. Cek dengan benar apakah orang tersebut peinipu atau tidak.

Demikian tutorial mengenai cara melaporkan penipuan online. Semoga bermanfaat bagi Anda yang telah menjadi korban penipuan. Ganyang terus penipu online !

Bagi Anda yang pernah tertipu belanja online, anda dapat membaca artikel berikut : https://www.amanahfurniture.com/blog/tertipu-belanja-mebel-jepara

Komentar